fbpx
Cara Membaca Nameplate Pada Filter Dryer - POLARIN

Cara Membaca Nameplate Pada Filter Dryer

Pada setiap produk sparepart sistem pendingin pasti memiliki kode nameplate yang berfungsi untuk menandai spesifikasi sparepart yang nantinya akan digunakan untuk penggantian berkala. Salah satu produk yang memiliki kode nameplate adalah filter dryer. Nah, penting untuk mengetahui cara membaca nameplate pada filter dryer ini.

Filter Dryer merupakan tabung penyimpan refrigerant cair yang berisikan fiber dan desikan untuk menyaring benda-benda asing dan uap air dari sirkulasi refrigerant. Filter dryer menerima cairan refrigerant bertekanan tinggi dari kondensor dan salurkan ke ekspansi valve. Filter dryer terdiri dari main body filter, desikan, pipa dan sideglass. Cairan refrigerant dialirkan ke dalam pipa untuk disalurkan ke ekspansi valve melalui outlet pipa yang ditempatkan di bagian bawah main body filter setelah tersaringnya uap air dan benda asing oleh filter dan desikan.

Filter dryer memiliki fungsi sebagai pembantu penyimpanan cairan refrigerant dengan benar, menyaring benda asing dan uap air, serta memeriksa sirkulasi dari refrigerant. Apabila filter dryer mengalami masalah maka freon akan mengalir lebih banyak daripada oli, sehingga pendinginan menjadi berlebih pada ekspansi valve dan udara yang dikeluarkan menjadi seperti kabut atau asap.

Cara Membaca Nameplate Pada Filter Dryer yang Benar

Bagian luar tabung filter dryer terdapat kode nameplate yang sesuai dengan fiturnya. Setiap tipe dan merk dari filter dryer itu sendiri memiliki kode nameplate yang berbeda beda. Salah satu contohnya yaitu nameplate EK-165, EK disini merupakan kode dryer series yang menunjukan filter dryer tersebut bermerk Emerson, lalu dua angka pertama merupakan kode dari unit size, sedangkan angka berikutnya merupakan kode dari “connection size” dari filter dryer ke pipa yang akan digunakan. Selain ada kode tambahan yang menunjukan dari jenis filter dryer tersebut, yaitu huruf “S”. Huruf “S” ini terletak pada bagian belakang setelah angka. Apabila terdapat huruf “S” pada kode namplate, maka filter dryer tersebut termasuk jenis las, sedangkan jika tidak terdapat huruf “S” pada kode nameplate maka filter dryer tersebut merupakan jenis drat. Pembacaan kode nameplate ini sangat menentukan kebutuhan yang nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *