fbpx
menggunakan freon palsu berbahayakah

Menggunakan Freon Palsu, Berbahayakah?

Sistem pendingin merupakan alat rumah tangga yang memerlukan perhatian khusus, salah satunya melakukan perawatan rutin. Perawatan rutin bagi sistem pendingin sangat penting agar sistem pendingin tetap dapat bekerja secara maksimal. Perawatan rutin ini juga sebagai tindakan untuk memastikan kondisi sistem pendingin beserta sparepart pendukungnya tetap dalam keadaan baik. Apabila jarang melakukan pengecekan secara rutin, kita tidak bisa mengetahui jika terjadi kerusakan pada sistem pendingin.

Sistem pendingin terdiri dari bagian yang sangat penting dan memiliki peran yang berbeda-beda. Salah satu bagian terpenting dari sistem pendingin adalah freon. Freon atau sering dikenal dengan refrigerant adalah senyawa kimia atau gas yang biasanya digunakan sebagai fluida untuk menyerap beban pendingin ruangan atau tempat-tempat lain yang ingin dikondisikan suhu udaranya. Termasuk dalam senyawa kimia atau gas, freon tidak memiliki warna dan juga tidak berbau. Freon atau refrigerant dikemas dalam bentuk tabung agar volumenya tetap terjaga rapat dan tidak mudah menguap.

Seiring berjalannya waktu, beberapa orang mulai banyak yang menggunakan sistem pendingin sebagai kebutuhan pribadi maupun kebutuhan kantor. Namun, disamping fenomena banyaknya penggunaan sistem pendingin, banyak orang juga mulai melakukan tindakan kecurangan. Tindakan kecurangan ini dilakukan dalam bentuk melakukan pemalsuan produk dari sistem pendingin hingga sparepartnya. Freon merupakan salah satu sparepart yang banyak tersedia produk palsunya.

Akibat Menggunakan Freon Palsu

Penggunaan produk freon palsu sebagai kebutuhan penggantian sparepart sistem pendingin sangat memiliki resiko yang cukup tinggi. Sering kali kita tidak memperhatikan karakteristik produk yang asli sehingga tertipu dengan produk yang palsu. Produk freon yang palsu memiliki tekanan yang berbeda dengan produk freon yang asli. Kesalahan penggunaan produk freon yang palsu dapat menimbulkan kecelakaan kerja yang cukup beresiko, seperti ledakan akibat tekanan freon yang tidak teratur. Resiko ini dapat dihindari dengan memperhatikan ciri-ciri dari produk freon yang asli, diantaranya yaitu kondisi segel tertutup rapat, kode produk tertera, dan lain sebagainya yang menjadi salah satu ciri asli atau tidaknya produk freon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *