fbpx
Tips Agar AC Awet dan Tahan Lama - POLARIN

Tips Agar AC Awet dan Tahan Lama

Pendingin ruangan atau AC sudah menjadi salah satu kebutuhan utama yang harus dimiliki agar bisa hidup dengan nyaman. Selain cuaca yang cukup terik dari sinar matahari, pemanasan global juga menjadi pemicu utama yang menyebabkan cuaca saat ini jadi lebih sering panas. Bukan tidak mungkin kedepannya cuaca akan semakin panas bila pemanasan global tersebut tidak dihentikan. Sayangnya, rasanya sangat mustahil untuk menghentikan pemanasan global ini. Sehingga cara paling praktis agar hidup nyaman tanpa harus kepanasan adalah dengan memasang pendingin ruangan.

Masalahnya seringkali AC yang kita pakai ini tidaklah awet dan mudah rusak. Padahal sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat AC yang Anda miliki jadi tidak mudah rusak. Mau tahu tips tersebut? Silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

Tips Agar AC Awet dan Tahan Lama

Pada kesempatan kali ini Polarin.co.id akan membagikan kepada Anda beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar AC tidak mudah rusak. Pastinya tips ini akan bermanfaat sekali bagi Anda yang seringkali AC nya rusak dengan cepat. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa tips agar AC awet dan tahan lama yang bisa Anda terapkan :

  1. Rajin Membersihkan Kumparan AC

Tips pertama yang bisa Anda lakukan agar AC awet dan tahan lama adalah dengan cara rajin membersihkan kumparan AC. Pasalnya AC dapat korslet atau mudah rusak bila kumparan yang dimilikinya memiliki kemampuan menyerap panas yang melemah. Kondisi penyerapan panas yang melemah ini biasanya terjadi dikarenakan kumparan AC tersebut memiliki banyak debu. Untuk itu, agar AC dapat awet dan tahan lama, maka rajin-rajinlah dalam membersihkan kumparan AC tersebut.

  1. Rajin Membersihkan Filter AC

Tips agar AC awet dan tahan lama yang kedua adalah harus rajin membersihkan filter AC. Filter adalah bagian yang mempengaruhi kelancaran aliran udara yang dimiliki oleh AC Anda. Bila sampai filter ini kotor dan terdapat debu yang menumpuk, maka efeknya aliran udara dapat jadi tidak lancar dan AC Anda bisa terganggu dan perlahan mulai rusak. Agar AC Anda tetap awet dan tahan lama, maka solusi yang bisa Anda terapkan dari tips kedua ini adalah dengan rajin membersihkan filter AC. Tidak perlu sering membersihkannya, jarak waktu 1-2 bulan juga cukup untuk menjaga kotoran filter AC tersebut agar tidak menumpuk.

  1. Selalu Menggunakan Timer

Tips ketiga yang bisa Anda gunakan agar AC yang Anda miliki ini tidak mudah rusak adalah dengan cara selalu menggunakan timer. Penyakit utama bagi para pengguna AC adalah lupa atau malas mematikan AC. Sehingga AC ini terus saja menyala tanpa henti, padahal belum tentu ruangan yang dipasangi AC tersebut terdapat orang di dalamnya. Bila terus menerus seperti ini, maka AC juga akan mudah rusak. Untuk mengatasinya, maka pakailah timer. Penggunaan timer yang paling mudah adalah dengan cara mengatur kapan Anda berada di dalam ruangan tersebut, dan kapan biasanya Anda pergi dari ruangan tersebut. Dengan demikian AC Anda akan bisa hidup dan mati secara otomatis dan tahan lama pastinya.

Tips Agar AC Awet dan Tahan Lama

Demikian adalah tips yang bisa Anda praktikkan agar AC awet dan tahan lama. Selain tips-tips di atas, sebaiknya Anda juga rutin memeriksa kondisi kipas dan thermostat. Jangan lupa juga melakukan servis perawatan secara berkala. Semoga tips yang kami berikan ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *