Saat ini, berbagai macam cairan pendingin sedang digunakan, dan karena itu, perlu untuk memeriksa kompatibilitasnya dengan berbagai jenis minyak pelumas (oli). Tabel di bawah ini akan membantu Anda dalam memilih opsi yang paling tepat. Harus digarisbawahi, bahwa kompatibilitas antara kedua elemen tersebut sangat penting untuk berfungsinya kompresor dan untuk daya tahan umurnya (lebih awet).
Akibat Pakai Minyak Pelumas (Oli) yang Salah
Menggunakan minyak pelumas yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah serius, seperti :
• Pembentukan asam
• Korosi
• Pelumasan tidak mencukupi
• Karbonisasi minyak
• Kerusakan kompresor
Untuk menjamin pelumasan yang tepat, perlu untuk mengetahui produk mana yang dapat digunakan pada setiap aplikasi.
Kenali Lebih Banyak Tentang Aspek Lain dari Minyak Pelumas
Setelah mengulas kompatibilitas antara minyak pelumas dan cairan pendingin, sekarang mari kita bicara tentang viskositas minyak dan sebuah topik yang selalu menimbulkan banyak keraguan : beban minyak (oli).
Viskositas adalah resistensi yang ditawarkan cairan terhadap aliran. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa beberapa jenis minyak lebih tebal dan yang lain memiliki konsistensi lebih cair. Penomoran yang terkandung dalam nomenklatur minyak memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah lebih atau kurang kental : semakin kecil angkanya, semakin sedikit kental (misalnya, ISO 22 kurang kental dari ISO 32).
Secara umum, minyak (oli) dengan viskositas tinggi memberikan pelumasan yang optimal. Di sisi lain, mereka membutuhkan lebih banyak pengeluaran energi, karena mereka menyebabkan lebih banyak perlawanan. Mereka sangat cocok untuk aplikasi di tempat-tempat di mana ada lebih banyak jarak antara bagian-bagian yang akan dilumasi.
Tetapi tren baru untuk kompresor adalah menggunakan oli (minyak) dengan viskositas yang lebih rendah. Kemajuan teknologi memungkinkan jenis minyak ini hadir dalam model efisiensi tinggi, memberikan hasil terbaik dalam hal pelumasan dan efisiensi energi.
Sehubungan dengan beban minyak (oli), penting untuk memiliki informasi berikut:
• Beban oli kompresor tidak harus diselesaikan. Itu sudah meninggalkan pabrik dengan jumlah yang benar, didefinisikan sesuai dengan karakteristik proyeknya. Beban ini memenuhi kebutuhan pelumasan kit mekanis dan termasuk cadangan untuk mengganti kerugian sistem.
• Beban tidak boleh lebih tinggi atau lebih rendah dari yang ditentukan. Kelebihan minyak menyebabkan masalah pada komponen lain dan menghasilkan lebih banyak resistensi, menyebabkan pengeluaran energi dan keausan tambahan (yang juga dapat terjadi karena kurangnya minyak).
• Dalam hal penggantian kompresor, sistem harus dibersihkan agar tidak mencampur oli kompresor baru dengan kompresor lama.
Akhirnya, penting untuk dicatat bahwa tidak ada minyak yang lebih baik daripada yang lain. Apa yang ada adalah oli yang tepat untuk setiap aplikasi!
Artikel diatas merupakan terjemahan langsung dari http://refrigerationclub.com/oil-compatible-coolant/ dan http://refrigerationclub.com/what-other-information-do-i-need-to-have-about-oil/ dengan beberapa penyesuaian.
saya Mau mengganti Oli Kompressor dari Bitzer BSE-32 Oil SW32. Polyol Ester dengan Produk nya Suniso.
Apa persamaan nya dengan Produk Suniso oil Bitzer tersebut di atas.
Terimakasih Informasinya.
sudah kami balas melalui WA yah